Niat dan Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri

Sholat Tarawih Sendiri

Salat Tarawih (kadang-kadang disebut Teraweh, Taraweh, atau Tarwih) adalah salat sunnah yang dilakukan khusus hanya pada bulan ramadhan. Tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jama’ dari تَرْوِيْحَةٌ yang diartikan sebagai "waktu sesaat untuk istirahat".

Fakta menarik tentang sholat ini ialah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam hanya pernah melakukannya secara berjama'ah dalam 3 kali kesempatan. Disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam kemudian tidak melanjutkan pada malam-malam berikutnya karena takut hal itu akan menjadi diwajibkan kepada ummat muslim.

Saat ini kita sudah memasuki bulan Ramadhan yang penuh berkah. Pasalnya, di bulan Ramadhan segala bentuk amal ibadah dilipatgandakan pahalanya.

Selain puasa, salah satu bentuk amalan sunnah yang bisa dilakukan umat muslim di bulan Ramadhan ialah sholat tarawih. Sholat tarawih adalah ibadah sholat sunnah yang dikerjakan setelah menjalankan sholat Isya selama bulan Ramadhan.

Biasanya orang mengerjakan sholat tarawih secara berjamaah di masjid. Namun di tahun ini pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk sholat tarawih di rumah masing-masing, agar mengurangi penyebaran coronavirus dilingkungan tempat tinggal kita.

Sekalian belajar, saya telah merangkum niat dan tata cara sholat tarawih di rumah dari berbagai sumber.

Sholat tarawih adalah ibadah sunnah yang hukumnya sunnah muakkad. Sholat tarawih bisa dilakukan sendirian atau cara munfarid di rumah. Untuk kalian yang ingin mengerjakan sholat tarawih sendiri di rumah, baca niat berikut:

"USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'ALAA."

Artinya: "Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala"

Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri di Rumah

Umumnya sholat tarawih sendiri di rumah cukup dikerjakan sebanyak 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir.

Idealnya sholat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam seperti sholat sunnah lainnya. Kerjakan sholat tarawih 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri salam seperti biasa.

Setelah itu disambung dengan sholat witir yang dikerjakan 3 rakaat diakhiri 1 kali salam. Untuk tata cara sholat tarawih sendiri di rumah sebenarnya sama dengan cara mengerjakan sholat fardhu, termasuk gerakan maupun bacaannya. Hal yang membedakan tata cara sholat tarawih dari sholat fardhu terletak pada bacaan niatnya saja.

Namun agar lebih jelas, berikut tata cara sholat tarawih yang bisa kalian lakukan:

1. Takbiratul Ihram

2. Membaca Doa Iftitah

3. Membaca Surat Al-Fatihah

4. Membaca Surat Alquran

5. Ruku'

6. I'tidal

7. Sujud

8. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)

9. Sujud Kedua

Berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua.

10. Membaca Surat Al-Fatihah

11. Membaca Surat Alquran

12. Ruku'

13. I'tidal

14. Sujud

15. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)

16. Sujud Kedua

17. Tasyahhud Akhir

18. Salam

Posting Komentar

0 Komentar