Wajib Tahu, Berikut Cara Mudah Memilih Obat Kumur Untuk Gusi Bengkak

Sakit gusi

Gusi bengkak tentu membuat penderitanya menjadi tidak nyaman dan ternyata bisa menyebabkan kerusakan jaringan juga tulang yang menopang gigi, jika diabaikan. Sehingga kebiasaan menyikat gigi atau menggunakan moutwash akan menjaga kesehatan gusi juga gigi. Dan anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk gusi bengkak agar bisa mengurangi rasa sakit dan cepat sembuh.

Penyebab Gusi Bengkak

Masalah gusi bengkak memang sangat umum dialami, baik anak anak sampai orang dewasa. Umumnya akan terlihat dengan adanya perubahan warna yang ada pada gusi. Gusi yang tidak membengkak biasanya berwarna merah muda dan akan berubah menjadi kemerahan. Kemudian juga akan terasa menonjol dengan rasa sakit yang menyertainya.

Ada beberapa penyebab yang membuat gusi mengalami pembengkakan. Salah satunya karena menyikat gigi terlalu kuat. Jaringan gusi merupakan area yang sensitif juga cenderung lunak. Sehingga ketika anda menyikatnya terlalu kuat, maka gusi bisa terluka kemudian bengkak. Bisa juga gusi yang terluka menyebabkan sariawan pada gusi.

Untuk mengurangi rasa sakit, anda sebenarnya bisa menggunakan obat kumur untuk gusi bengkak tetapi juga mengetahui penyebab lainnya. Gingivitis juga menjadi penyebab adanya gusi bengkak, radang gusi ini bisa terjadi karena plak pada gigi. Bakteri pada plak akan membuat gigi berlubang kemudian membuat peradangan pada gusi.

Penyebab lainnya bisa berupa perubahan hormon juga kehamilan. Hormon progesteron yang kadarnya berubah akan mempengaruhi sistem pertahanan pada gusi. Membuat risiko gusi bengkak menjadi lebih meningkat ketika menstruasi, kehamilan atau menopause. Dan yang terakhir akibat kekurangan vitamin, terutama vitamin B juga vitamin C.

Cara Untuk Mengatasi Gusi Yang Bengkak

1. Mengkonsumsi Makanan yang Tepat

Seperti yang disinggung sebelumnya, penyebab adanya gusi bengkak juga dipengaruhi kekurangan vitamin. Maka dari itu anda harus meningkatkan konsumsi makanan bergizi dan memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan. Anda juga tidak mengkonsumsi makanan terlalu manis dan asam. Jika memang mengkonsumsinya segera kumur dengan obat kumur untuk gusi bengkak.

2. Menyikat Gigi dengan Hati Hati

Menjaga kebersihan gigi dan mulut menjadi langkah awal untuk anda mengatasi gusi yang bengkak. Dengan begitu anda tetap harus menyikat gigi, dan menyikatnya dengan berhati hati. Apabila kebersihan gigi dan gusi tidak dijaga akan membuat bengkak pada gusi semakin parah. Anda bisa menggunakan sikat gigi lembut dan juga rutin, terutama sebelum tidur.

3. Konsumsi Air Putih Cukup

Konsumsi air  putih yang cukup memang sangat disarankan karena baik untuk kesehatan. air putih juga akan menjaga menjaga kesehatan mulut dan gigi. Tujuannya menjaga kelembaban pada area mulut dan juga bisa membersihkan sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Dengan begitu anda harus memperhatikan konsumsi air putih anda secara cukup.

4. Menggunakan Obat Kumur

Ada banyak obat kumur untuk gusi bengkak yang bisa anda temukan di pasaran. Namun pastikan anda memilih yang memiliki kandungan anti bakteri dan bisa melawan gusi yang bengkak. Mengingat fungsinya juga untuk mengatasi gusi bengkak di tahap awal atau ringan. Jika memiliki kandungan antibakteri, maka bakteri penyebab gusi bengkak bisa diatasi.

Selain mengetahui penyebab dan mengatasi masalah gusi bengkak, anda juga harus memenuhi kriteria obat kumur yang baik untuk gusi bengkak. Akan lebih baik jika mengguunakan yang sudah berteknologi CPC. Bisa melawan bakteri yang bisa menjaga kesehatan mulut. Apalagi kondisi gusi bengkak tidak kunjung membaik, anda bisa langsung mengunjungi dokter. 

Posting Komentar

0 Komentar