Manfaat Belajar Teknologi Pangan dari Salah Satu Prodi Ma'soem University

masoemuniversity.ac.id

Teknologi dan peralatan canggih erat dengan sektor bisnis, hiburan, dan komunikasi. Namun, teknologi dalam industri makanan sama pentingnya dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik. Inovasi ini jelas erat kaitannya dengan bahan makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari.

Teknologi pangan ini merupakan cara praktis untuk menjawab kebutuhan manusia. Akibat aktivitas sehari-hari yang tinggi, sebagian orang kekurangan waktu untuk mengolah makanan dan minumannya. Oleh karena itu, teknologi pangan berperan menjadi salah satu solusi penyediaan pangan kaya gizi yang cepat dan aman untuk di konsumsi.

Apa Itu Teknologi Pangan?

Secara umum, teknologi pangan adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang teknik dan prinsip dalam pengolahan dan penyimpanan bahan makanan. Penerapan teknologi pangan ini dapat membantu produksi pangan bergizi yang aman. 

Kajian teknologi pangan sedang di lakukan untuk mengembangkan metode dan sistem baru untuk menjaga produk pangan tetap aman dan tahan terhadap berbagai bahaya alam, seperti bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Dalam proses pengawetan pangan, teknologi pangan membantu meningkatkan cita rasa dan mengurangi kandungan racun (toxin) pada produk pangan. Dengan cara ini, produk makanan ini dapat didistribusikan dan dipasarkan dengan mudah dan efisien.

Manfaat Teknologi Pangan

Secara keseluruhan, manfaat utama teknologi pangan adalah memberikan kemudahan, kebaikan dan meningkatkan kualitas hidup manusia. Ilmu pengetahuan digunakan untuk mengurangi resiko terkena penyakit, malnutrisi, penyimpangan makanan, pengolahan makanan sehingga zat gizi yang terkandung lebih tinggi. Berikut penjelasannya:

Mengawetkan makanan

Makanan yang diolah dengan bahan alami hanya boleh di konsumsi dalam jangka waktu terbatas. Kualitas makanan yang berbahan dasar hewani dan nabati akan menurun kualitasnya jika tidak di konsumsi secara langsung. Agar makanan dan minuman dapat di konsumsi lebih lama, di perlukan teknik pengawetan. Melalui proses pengawetan, pembusukan makanan dapat di hindari karena mikroba dalam makanan tidak dapat berkembang biak. Dengan masa simpan yang lebih lama, makanan dapat di distribusikan ke luar kota dan luar negeri dalam kondisi layak konsumsi dan lebih tahan lama.

Mencegah sumber penyakit

Teknologi pangan di gunakan untuk memastikan kualitas makanan dan minuman yang di konsumsi setiap hari. Alhasil, makanan yang di hasilkan bebas dari berbagai sumber penyakit. Makanan menjadi lebih sehat karena teknologi pangan mampu menghambat perkembangan bakteri dan mikroba dalam makanan.

Meningkatkan nutrisi dalam makanan

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan baik, ilmu pengetahuan di gunakan untuk memperbaiki nutrisi dalam makanan. Tingkat nutrisi yang lebih baik untuk makanan yang lebih sehat. Fortifikasi merupakan salah satu contoh teknologi pangan yang dapat membantu mengatasi masalah gizi buruk di masyarakat.

Membuat lebih mudah untuk makan makanan

Manfaat teknologi pangan selanjutnya adalah untuk mewujudkan efisiensi dalam mengonsumsi makanan. Banyak sekali makanan instan yang di jual di pasaran untuk memudahkan manusia dalam memakan makanan tersebut. Misalnya bubur instan, mie instan kopi instan kemasan.

Tidak perlu lagi melalui proses pembuatan kopi yang lama, orang hanya perlu menambahkan air panas, maka kopi sudah siap di hidangkan. Teknologi pangan mampu menciptakan kemasan kopi instan tanpa ampas yang praktis dan siap di konsumsi. Kopi instan biasanya lengkap dengan susu, gula, dan penambah rasa lainnya.

Penggunaan sisa makanan

Selanjutnya, manfaat teknologi pangan terbaru adalah memanfaatkan sisa makanan secara efektif. Inovasi teknologi dapat di manfaatkan untuk mengolah kembali sisa makanan menjadi berbagai produk yang bermanfaat. Limbah industri makanan dapat di kurangi dan menjaga kelestarian sumber daya alam.

Itulah beberapa manfaat dari teknologi pangan yang bisa Anda dapatkan. Untuk Anda yang ingin mempelajari lebih mendalaman terkait teknologi pangan, Anda bisa mendaftarkan diri ke Ma'soem University pada Fakultas Pertanian dan mengambil program studi S-1 Teknologi Pangan.


masoemuniversity.ac.id

Ma'soem University

Ma'soem University merupakan salah satu universitas swasta di Bandung yang sudah berdiri dari tahun 1986 di bawah naungan yayasan Al Ma'soem. Universitas ini beralamat di Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat.

Yayasan Al Ma'soem menyediakan jenjang pendidikan dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga jenjang universitas. Fakultas yang dihadirkan Ma'soem University pun tidak kalah bergengsi yakni ada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Komputer, Fakultas Pertanian dan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan yang semuanya berjenjang S-1 dengan program studinya masing-masing.

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa kunjungi website resmi Ma'soem University di masoemuniversity.ac.id untuk mencari tahu lebih detail tentang yayasan dan jenjang pendidikan yang bisa kalian pilih.

Posting Komentar

0 Komentar